Buku Tamu

KEY LOGGER (KEYSTROKE LOGGER) DEFINITION

Adalah suatu program yang berjalan di belakang sistem (Background), merekam semua tombol. Sekali Key Logger dijalankan, maka otomatis akan bersembunyi di dalam mesin untuk mencatat semua data atau mengirimkan datanya secara langsung ke pemilik Key Logger.
Pemilik Key Logger kemudian membaca data yang didapatkan tersebut dengan teliti dengan harapan menemukan kata sandi (Password) atau mungkin informasi lain yang bermanfaat yang bisa digunakan sebagai serangan Social Engineering. Key Logger secara sederhana bisa dikategorikan sebagai Hack Tool Pencuri Informasi. Sebagai contoh, Key Logger dapat mengungkapkan isi dari semua e-mail yang ditulis oleh korban. Program Key Logger biasanya terdapat di dalam rootkit dan trojan.
Key Logger berfungsi untuk merekam (mencatat) semua aktifitas pengguna komputer dengan mengambil input data melalui karakter keyboard yang digunakan oleh user. Jadi jika user mengetikkan kata “SaYa”melalui keyboard maka secara otomatis Key Logger akan mencatatnya pada sebuah LOG file dengan data“SaYa”.
HACK TOOL = UTILITIES = KEY LOGGER?
Jika ada pertanyaan, apakah Key Logger itu termasuk tool jahat? atau sejenis software utilities yang baik? Terus terang hanya Anda yang bisa menjawabnya. Kelebihan manusia dengan makhluk lain adalah mampu membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang tidak baik.
A) Angel Style..?
Key Logger sering dipergunakan sebagai parental advisory (kontrol orang tua) untuk mengawasi kegiatan anak-anak mereka saat mempergunakan komputer. Selain itu juga sering dipergunakan oleh pemilik internet cafe (warnet), network sharing, dan lainnya untuk mengawasi aktifitas user. Contoh : Pembatas konten dewasa (pr0n), kontrol orang tua terhadap topik pembicaraan anak di internet, etc.
B) Evil Style..?
Di sisi lain Key Logger jika disalahgunakan akan sangat merugikan sekali, terutama bagi user yang menjadi target penyalahgunaan tool Key Logger. Semua karakter yang diketikkan melalui keyboard akan tercatat dengan baik pada LOG file. Entah itu password, Username, nomer PIN bank, account FTP/Facebook/etc. Dari sini Anda tentu bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika Anda dan komputer Anda menjadi target kejahatan ini.

0 comments:

Posting Komentar